Kamis, 28 November 2013

Curug Cikaso, Air Terjun Tersembunyi di Sukabumi


Curug Cikaso merupakan salah satu Air terjun di daerah Sukabumi.Tepatnya di daerah kampung Ciniti, kecamatan Surade, kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Curug ini bisa disebut satu paket jika kita mau ke pantai ujung genteng. Dengan jarak 15 KM dari jampang kulon atau 100 KM dari Sukabumi dengan waktu tempuh kurang lebih 8 jam atau 30 KM sebelum ujung genteng.
Ketika itu saya dari Jakarta mengendarai sepeda motor untuk menuju Curug ini. Jalan di malam hari dengan kondisi jalan pegunungan yang gelap dan sangat rusak hhmmm perjalanan yang cukup menantang. Ketika melintasi wilayah Cibadak Sukabumi pun sempat mendapat terror entah dari mana ada yang menimpuk botol ke rombongan kami. Menelusuri jalan melewati Pantai simpanan-hutan-kebun teh-hutan lagi dengan kurang lebih 10 jam perjalanan saya pun tiba di kecamatan Surade.
Untuk menuju Curug Cikaso setelah melewati Jampang kulon dan memasuki kawasan Surade, nanti kita menemui pertigaan kemudian kita belok kiri dan tinggal mengikuti jalan saja. Jarak dari pertigaan tersebut ke Curug Cikaso kurang lebih 12 KM. dan akhirnya setelah 11 jam perjalanan saya pun sampai di Curug Cikaso
Setelah memarkirkan kendaraan di sekitaran rumah warga, perjalanan pun di lanjutkan dengan naik perahu menelusuri sungai. Untuk menyewa perahu ini di kenakan biaya kurang lebih Rp100.000.perahu dengan kapasitas 10 orang.Kurang lebih 20 menit saya pun sampai di Curug Cikaso. Suara air berjatuhan yang sangat merdu sudah mulai terdengar
Perahu yang kami tumpangi menelusuri sungai
Curug Cikaso ini terdapat tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi. Di tiap lokasi ini terbentuk kolam yang airnya jernih sekali. Sayangnya hanya satu kolam yang boleh dijadikan tempat berenang karena 2 kolam yang lain kedalamannya bisa mencapai 30 meter. Tiga titik air terjun itu memiliki nama tersendiri yaitu Curug meong, Curug Asepan dan Curug Aki. Tinggi Curug ini kurang lebih 75 meter.
Menikmati percikan air dan mendengarkan alunan suara ketika air jatuh membentur bebatuan membuat betah di tempat ini. Ditambah segarnya air membuat kita sangat ingin berenang. Sayangnya ane gak bisa berenang jadi Cuma bisa liatin temen ane pada berenang. Badan capek dan ngantuk setelah melewati perjalanan lintas batas pun langsung hilang ketika kita sudah mulai bermain air di Curug ini.
Curug Cikaso memiliki keindahan yang sangat indah dan dapat diandalkan menjadi tujuan wisata di akhir pecan namun sayang akses menuju tempat ini kurang memadai karena banyak jalan yang rusak.Yah semoga aja pemerintah setempat lebih tanggap.
Setelah menikmati dinginya air di Curug Cikaso ini, saya pun melanjutkan perjalanan menuju ujung genteng.Perjalanan masih panjang……
 Pagi di Ujung Genteng

2 komentar: