Rabu, 04 Desember 2013

Blusukan ke Pantai Selatan Yogyakarta

Jumat sore selepas menjalankan tugas Negara, saya bergegas menuju terminal bungurasih. Cuaca cerah dan angin berhembus kencang membuat udara Surabaya tidak sepanas di kala siang. Jalanan macet sedikit membuat lama perjalanan menuju terminal. Dengan menaiki bus kota yang cukup sesak dan tak mendapat tempat duduk sampailah saya di terminal setelah menempuh 45 menit lamanya.
Sesampainya di terminal, suasana hiruk pikuk terminal dan bis bis yang telah berjejer siap mengantarkan penumpang menuju kota yang diinginkan. Setelah sedikit mengisi perut dan melaksanakan ibadah, saya pun mencari bus yang akan mengantarkan saya ke “Kota Istimewa” Yogyakarta. Lirik kanan lirik kiri akhirnya saya mendapatkan bus juga dan mendapatkan posisi yang enak untuk menikmati perjalanan yang konon trek Surabaya-yogya sangat menegangkan. Bis trayek Surabaya-yogya yang terkenal dengan kebut-kebutannya akhirnya saya dapat merasakannya dan alhasil Surabaya-Yogya hanya ditempuh dengan waktu 7 jam jauh dari perkiraan saya.
Dini hari saya pun sudah sampai di Yogyakarta. Istirahat sejenak sambil menikmati angin malam di kota istimewa yang cukup dingin. Setelah itu saya pun segera menuju stasiun leumpuyangan tempat titik kumpul bersama teman dari Jakarta, klaten dan Bandung.
Pagi hari yang cerah dan setelah semuanya berkumpul saya pun segera menuju pantai Selatan Yogyakarta. Perjalanan dari Yogyakarta menuju Wonosari di lanjut Gunungkidul ditempuh kurang lebih 2 jam perjalanan. Jalan menanjak dan menurun dan mata yang berat akibat kurang tidur membuat dalam sekejap saya pun tertidur dalam perjalanan ini.
2 jam perjalanan kami pun tiba di pintu masuk pantai-pantai di Gunungkidul. Untuk memasuki seluruh pantai di pesisir Selatan ini hanya dikenai satu kali bayar. Tarif masuk kawasan ini hanya Rp.5000. dan dari sinilah blusukan ke Pantai Selatan Yogyakarta dimulai. Pertama yang kami kunjungi adalah mulai dari pantai yang terdekat.
Pantai Baron
Pantai Baron ini merupakan pantai pertama yang kami kunjungi. Pantai terletak di desa Kemadang yang merupakan pantai pertama dari rangkaian pantai kukup, sepanjang, indrayanti hingga pantai paling timur.
Pantai baron kalau dilihat seperti teluk yang diapit 2 bukit di sisi kiri dan kanan.Ombak yang cukup besar membuat tempat ini dilarang untuk berenang sampai batas yang telah ditentukan. Pasir yang berwarna coklat akan tetapi bersih menghiasi garis pantai ini. Perahu-perahu tradisional nelayan pun terparkir rapi di pantai ini menambah cirri khas dari pantai baron ini.
Perahu perahu nelayan
Pada sisi kiri pantai baron ini ada sebuah bukit kapur menjulang.Di bukit kapur tersebut ada jalan setapak yang dapat kita lalui untuk menuju puncak bukit tersebut. Di puncak bukit ini kita dapat beristirahat sambil menikmati segarnya angin laut.di bukit ini pun ada menara cukup tinggi yang dapat digunakan untukmemandang luasnya lautan dan pantai di pesisir Selatan.

Pantai Kukup
Pantai Kukup ini terletak tidak jauh dari pantai baron kurang lebih 1 KM. Pantai berpasir putih dan landai membuat pantai ini sangat ramai di kunjungi.Pantai Kukup ini terkadang disebut Tanah  Lotnya Yogyakarta. Di pantai ini pun banyak terdapat karang karang dari sisi barat hingga timur.
Di sisi timur pantai ini terdapat Pulau Karang kecil yang terdapat jalan setapak dan dihubungkan dengan sebuah jembatan. Pulau karang ini yang membuat tempat ini disebut Tanah Lotnya Yogyakarta. Dari pulau karang ini kita dapat memandang luasnya samudera Indonesia.
Keindahan lain dari pantai ini iyalah terdapatnya biota-biota laut. biota-biota laut berupa ikan hias ini pun dijejerkan oleh para pedagang di pantai ini. Dan di pantai ini pun di kala pagi kita dapat melihat petani rumput laut sedang mencari rumput laut. Nilai tambah Pantai Kukup iyalah terdapatnya penginapan-penginapan murah meriah dengan fasilitas yang cukup memadai.

Pantai Sepanjang
Pantai sepanjang letaknya tidak jauh dari Pantai Kukup.Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dan pasir pantai yang putih oleh karena itu dinamakan “Sepanjang”. Pantai sepanjang ini kalau kata orang orang seperti pantai kuta di bali. Akan tetepi pantai ini tidak terdapat tempat-tempat mewah layaknya Pantai Kuta.

Pasir putih yang halus dan bersih membuat kita nyaman untuk tidur-tiduran waalau pun tanpa alas sekalipun. Suasana pantai yang masih alami membuat kita semakin dekat dengan alam. Suara deburan ombak dan angin yang berhembus kencang membuat tempat ini sangat enak.

Pantai Drini
Pantai Drini terletak  di sepanjang garis pantai Selatan Gunungkidul yang tepatnya setelah Pantai Sepanjang. Di pantai ini banyak tumbuh pohon drini yang katanya sih dapat digunakan sebagai penangkal ular berbisa.
Pantai Drini memiliki hamparan pasir pantai yang luas dan di pinggir pantai ini terdapat saung saung yang tersedia untuk para pengunjung. Di pantai drini ini pun ada bukit yang cukup tinggi. Untuk menuju puncak bukit itu terdapat jalan setapak. Akan tetapi, jika air sedang pasang kita agak sulit untuk menyebrangi aliran sungai kecil untuk menuju jalan setapak tersebut
Pantai Krakal
Pantai Krakal letaknya 3 KM dari pantai baron tepatnya di Desa Ngestirejo, kecamatan Tanjungsari. Pantai ini termasuk pantai yang landai dan memiliki hamparan pasirpantai yang panjang yang selalu dibasuh oleh deburan ombak yang cukup besar.
Dalam perjalanan menuju pantai ini ada yang sedikit berbeda.Dalam perjalanan ke pantai ini kita mendapatkan ilustrasi seutuhnya tentang keindahan panorama pantai. Di kanan  dan kiri jalan kita dapat menikmati keindahan pemandangan karang karang dan bukit kapur.
Sempat baca salah  satu blog yang lupa namanya, konon pantai krakal ini berdasarkan penelitian, pada zaman dahulu merupakan dasar lautan yang mengalami proses pengangkatan yang terjadi di kerak bumi sehingga dasar laut semakin lama semakin tinggi.

Pantai Wediombo
Pantai Wediombo merupakan gugusan Pantai Paling Timur dari banyaknya pantai di sepanjang pesisir Gunungkidul. Kurang lebih 1 jam dari pantai Krakal Pantai ini menghadap ke barat sehingga kita dapat menikmati indahnya panorama Sunset
Pantai yang masih sangat sepi ini sangat nikmat untuk menenangkan pikiran. Cocok untuk penikmat suasana sepi dan cocok untuk menggalau ria. Menikmat ikeindahan sunset, menikmati suara deburan ombak dan bersender santai di atas bebatuan.
Setelah menikmati keindahan Pantai Wediombo, kami pun segera kembali ke Pantai Kukup karena memang kami menyewa penginapan di sana. Setelah seharian menikmati banyak pantai di sepanjang Gunungkidul dan edisi blusukan pun akan di lanjutkan esok harinya.