Sabtu, 07 Januari 2017

Menikmati Sunrise di Kebun Buah Mangunan, Jogjakarta

Jogjakarta memang istimewa. Kota yang dikenal sebagai kota pendidikan ini selain memiliki wisata sejarah dan budaya, Jogja juga memiliki wisata alam yang tak kalah menakjubkan dengan kota lainnya yaitu Kebun Buah Mangunan.

Kebun Buah Mangunan ini terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Lokasi ini berjarak kurang lebih 35 KM dari pusat kota Jogjakarta. Dilansir dari piknikdong.com, Kebun Buah Mangunan ini dibangun pada tahun 2003 oleh pemerintah Kabupaten Bantul diatas tanah seluas 23,34Ha. pada ketinggian 150-200m diatas permukaan laut. Titik ketinggian tersebut membuat kawasan ini memiliki udara yang sejuk serta pemandangan pegunungan seribu.
Indahnya Bangun Pagi

Bangun pagi memang akan membawa keberkahan tersendiri untuk kita. udara yang masih sejuk, terik matahari belum terasa dan juga pemadangan yang akan kida dapatkan akan sangat berbeda antara pagi dan siang hari. kali ini saya dan teman-teman akan berkunjung untuk menikmati indahnya matahari terbit dan "Negeri di Atas Awan" Kebun Buah Mangunan.

dari pusat kota Jogjakarta, kami akan menempuh waktu kurang lebih 1 jam untuk mencapai Kebun Buah Mangunan. Pukul 04.00 pun kami berangkat dengan melewati rute dari kota Jogjakarta menuju Bantul dengan melewati jalan Imogiri Timur dan mengikuti jalan hingga pertigaan pasar Imogiri kemudian mengambil kiri. setelah itu kami tinggal mengikuti petunjuk jalan saja yang memang sudah tersedia.

Setelah melewati rute jalan yang cukup banyak kelokan, kami pun tiba di Gerbang Kebun Buah Mangunan pada pukul 05.00. untuk masuk ke kawasan kebun, tiket yang dipungut hanya sebesar Rp5.000, cukup murah kan. setelah memarkirkan kendaraan, kami pun harus berjalan kaki untuk menuju lokasi menikmati sunrise. lokasi ini tidak terlalu jauh, hanya kurang lebih 20 menit dengan kondisi jalan yang sudah tertata rapi dan sedikit menurun.

Kebun Buah Mangunan terletak di ketinggian 150-200 mdpl memang menyajikan pemandangan alam yang sangat luar biasa. Sejatinya, kalau kita berkunjung ke Kebun Buah yang menjadi tujuan utama adalah memetik buah atau melihat pohon-pohon buah. Lain halnya dengan dengan kebun buah mangunan, yang menjadi tujuan utamanya adalah menikmati keindahan matahari terbit dan pesona negeri di atas awan dengan awan yang berkelok mengikuti bentuk aliran Sungai Oyo yang berada di bawahnya. Sungai Oyo ini meliuk membelah bukit dan hutan yang ada. Di Kebun Buah Mangunan ini memang terdapat bukit yang dikelilingi pagar dan juga gardu pandang yang digunakan untuk menikmati semua keindahan alam yang tersaji di kebun ini.
Keindahan Sunrise
Negeri di atas awan dengan kelokan mengikuti aliran sungai
Rasa lelah dan kantuk semua terbayar setelah menikmati udara sejuk, keindahan matahari terbit, dan keindahan awan yang membentuk aliran sungai seperti ular. 

Kebun Buah Mangunan ini juga memiliki beberapa fasilijtas lainnya seperti area Camping, Gazebo, Homestay, Plasy Ground dan masih banyak lainnya. Jika berkunjung Ke Jogjakarta, sempatkan lah untuk berkunjung ke kebun ini, dijami tak akan menyesal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar