Selasa, 03 Januari 2017

Celebes Canyon, Lokasi Wisata Baru di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan

Pertama saya mau mengucapkan Selamat Tahun baru 2017 dan semoga target-target di 2016 yang belum tercapai segera terealisasi di 2017. Aamiin

Mengisi waktu libur di awal tahun ini, saya akan sedikit bercerita tentang perjalanan saya dan rekan saya ke salah satu tempat wisata baru yang telah dinominasikan sebagai tempat wisata terbaru dalam ajang Anugrah Pesona Indonesia 2016 dan berhasil menjadi juara kedua untuk kategori Tujuan Wisata Baru Terpopuler 2016. Dimanakah itu? Yap Celebes Canyon.

Celebes Canyon merupakan salah satu lokasi wisata baru yang berada di Dusun Watu, Kecamatan Tenete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Mungkin agak asing jika mendengar Barru. Barru merupakan sebuah Kabupaten yang berada kurang lebi 100KM dari Kota Makassar. Kabupaten ini memiliki posisi setelah Kabupaten Pangkep jika kita dari Kota Makassar.

Perjalanan saya dan 3 orang rekan saya di mulai pagi hari. Pukul 07.00 kami berangkat menuju Kabupaten Barru. 

Celebes Canyon mirip dengan Grand Canyon yang berada di Amerika Serikat sehingga orang-orang menyebutnya dengan Celebes Canyon. Celebes Canyon ini berada di aliran Sungai Ule. Untuk menuju Celebes Canyon, jika dari Kota Makassar, kita hanya tinggal menelusuri jalan poros Makassar Pare-Pare dan ketika sudah memasuki Kabupaten Barru, kita akan menemukan lampu merah di pertigaan yang memiliki tugu di sisi kanan jalan  dan  ada petunjuk jalan menuju Kabupaten Soppeng. Kita belok kanan menuju soppeng dan akan melewati rel kereta api yang belum selesai proyek pengerjaannya. Setelah menemui rel kereta api, kita tinggal mengikuti jalan saja kurang lebih 15KM dengan rute Pekkae kemudian Tampung Cinae dan kemudian Watu. Setelah itu kita akan menemukan petunjuk arah untuk menuju Celebes Canyon.

Pukul 10.30 kami  tiba di lokasi parkir, kami harus berjalan kaki kurang lebih 15 menit untuk tiba di Celebes Canyon. Jalan yang kami lalui merupakan jalan berbatu dan saat ini sedang ada pengecoran jalan sehingga kedepannya jalan yang akan dilalui akan menjadi lebih baik. Setelah melewati jalan berbatu, kami menemukan warung dan penjaga pintu. Untuk biaya masuk, kami dipungut biaya Rp2500 per orang. Setelah melewati pintu masuk, kami melewati hijaunya persawahan penduduk. Tanaman padi yang ditanam sedang menghijau menambah kesegaran mata yang kita dapat. Setelah melewati sawah, tibalah kami di Celebes Canyon.
Jalan berbatu yang harus kami lewati
Pemandangan hijaunya persawahan dari atas jalan
Pintu masuk menuju Celebes Canyon
Persawahan Warga
Hijaunya yang membuat segar mata
Celebes Canyon ini masih sangat asri. Suara derasnya aliran sungai menambah kesejukan dan ketenangan pikiran. Pemandangan yang indah dengan hiasan batu karst putih yang terbentuk secara alami di aliran sungai. Selain itu, kita dapat bermain air ditengah jernih dan sejuknya air di aliran sungau Ule. 
Celebes Canyon

Meskipun Celebes Canyon ini masih tergolong lokasi wisata baru, akan tetapi keindangan alam yang disajikan sangatlah luar biasa. Sehingga sangat menarik untuk kita kunjungi.

Celebes Canyon merupakan lokasi wisata baru sehingga fasilitas yang ada masih sangat terbatas seperti belum ada toilet, ruang untuk berganti pakaian dan lainnya. Jika berkunjung kesini sangat disarankan membawa bekal makanan karena belum ada yang berjual makanan di lokasi ini. Selain itu juga persiapkan pakaian ganti. Dan ingat, jangan membuang sampah sembarangan.

Nikmati keindahan alamnya, pungut sampahnya, jaga kebersihannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar