Selasa, 06 Desember 2016

Keseruan Berarung Jeram di Sungai Pekalen, Jawa Timur

Berlibur ketempat yang itu-itu saja kadang membuat kita bosan karena yang kita lihat hanya pemandangan, landscape, ataupun lainnya tanpa membuat andrenalin kita terpacu. kali ini saya dan beberapa rekan saya mencoba untuk berlibur sekaligus dapat memacu andrenalin kami. yap kali ini kami berlibur dengan mengarungi jeram alias rafting di Sungai Pekalen.

Sungai Pekalen merupakan salah satu sungai yang berada di Probolinggo, Jawa Timur. Sungai Pekalen merupakan salah satu sungai yang sangat terkenal untuk digunakan rafting di Jawa Timur. Di jalur sungai ini terdapat beberapa operator rafting yang dapat memandu kita. 

untuk menuju Sungai Pekalen, dari Surabaya kami menggunakan mobil dan rute yang kami lewati melalui Surabaya-Tol-Gempol-Pasuruan dan masuk ke Probolinggo kota dan lurus ke arah kota Situbondo hingga menemukan Pantai Bentar di sisi kiri jalan. kemudian kami belok kanan di pertigaan pabrik sasa. dan berjalan mengikuti jalan kurang lebih 13KM. setelah itu, kita dapat mengikuti rute petunjuk jalan yang disediakan beberapa operator tersebut berdasarkan pilihan kita akan menggunakan operator yang mana.

saat itu kami berangkat dari Surabaya pada malam hari, sehingga kami memilih mendirikan tenda terlebih dahulu di salah satu lokasi operator yang kami pilih. di lokasi tersebut memang ada beberapa tanah lapang luas yang dapat kami gunakan untuk mendirikan tenda. setelah mendirikan tenda, malam pun semakin larut dan sedikit bercengkrama bersama kami pun berisitirahat agar kondisi badan fit saat rafting pada pagi harinya.

Pagi harinya, setelah sarapan, kami pun bersiap untuk berpetualang. Udara sejuk dan matahari pun bersinar terang pagi waktu itu. persiapan dimulai dengan memilih alat rafting yang akan kami gunakan mulai mulai dari dayung, helm, dan pelampung. setelah semuanya siap dna mobil bak terbuka yang akan mengantarkan kami ke titik awal rafting di mulai. dari basecamp, untuk menuju lokasi star awal berjarak kurang lebih 2 KM dengan menggunakan mobil membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit.
Masak-Masak di pagi hari
setelah turun dari mobil, kami berjalan di jalur setapak menuju sungai. jalan yang kami lewati merupakan jalur menurun yang agak licin karena  rada basah. kami berjalan selama 15 menit dan suara derasnya air sungai pun mulai terdengar. Deru air memanggil-manggil yang membuat kami tak sabar untuk memulai petualangan.
bersiap menuju titik awal berarung jeram
tiba di tepi sungai, kami pun sudah melihat para guide sudah siap untuk memandu kami. Perahu-Perahu karet pun sedang diisi udara, sambil menunggu kami pun bermain air di tepi sungai :)

melihat indahnya dan derasnya arus sungai, kami pun semakin bersemangat. setelah semuanya siap, kami pun diberikan arahan terlebih dahulu oleh guide mengenai teknik dan apa-apa saja yang kami harus lakukan jika menemukan jeram yang terjal, perahu tersangkut batu dan lainnya.
keseruan, keceriaan, keindahan di rafting sungai pekalen
setelah semuanya siap, kami pun memulai berarung jeram, tiap jeram yang kami lewati memiliki nama tersendiri akan tetapi saya lupa apa saja namanya. panjang jalur yang kami lewati kurang lebih 10KM dengan waktu 3,5 jam. setelah melewati beberapa jeram, kami akan melewati beberapa air terjun, kalau tidak salah hingga 7 air terjun. di air terjun tersebut juga terdapat banyak kelelawar yang menambah keindahan jalur rafting sungai pekalen ini.
berpose setelah selesai mengarungi sungai pekalen



Tidak ada komentar:

Posting Komentar