Selasa, 06 September 2016

Tidak Akan Pernah Bosan Jika Berkunjung ke Bromo

Gunung Bromo, siapa yang tak mengenal Gunung yang satu ini. Gunung Bromo merupakan salah satu tempat wisata paling popular di Jawa Timur. Gunung yang memiliki ketinggian 2329 meter di atas permukaan laut ini berada di wilayah 4 Kabupaten yaitu Kabupaten Pasuruan, Probolinggo, Malang dan Lumajang. Gunung Bromo dalam bahasa sansekerta Brahma, salah satu dewa dalam agama Hindu. Gunung Bromo dipercaya sebagai Gunung Suci. Masyarakat Tengger dalam setahun sekali mengadakan upacara adat Yadnya Kasada atau Kasodo.

Untuk menuju Bromo yang pertama kita bisa melalui Kota Surabaya yang merupakan Kota terbesar di Jawa Timur ataupun Malang. Kenapa melalui Surabaya dan Malang?karena kota ini terdapat bandara sehingga akses untuk menuju Surabaya sangatlah mudah. 

Untuk menuju Bromo dari Surabaya terbagi menjadi beberapa Alternatif jalan yaitu :
  • Surabaya-Tol Surabaya-Malang Keluar Porong-Bangil-Pasuruan-Tongas-Probolinggo-Desa Sukapura-Cemoro Lawang-Bromo
  • Surabaya-Tol Surabaya-Malang Keluar Porong-Pasuruan-Warungdowo-Tosari-Wonokitri-Dingklik-Bromo
  • Surabaya-Tol Surabaya Malang keluar Pandaan-Lawang-Tumpang-Gubuk Klakah-Ngadas-Jemplang Bromo

Jika menggunakan kendaraan umum ada dua alternative pilihan yaitu melalui Malang dan Probolinggo via Cemoro Lawang. Jalur Probolinggo merupakan jalur yang sering digunakan para pejalan.

Jika melalui Probolinggo, dari Surabaya kita naik Bus Jurusan Probolinggo dari terminal Purabaya Bungurasih. Harga tiket Bus Surabaya ke Probolinggo kurang lebih Rp15.000 dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan. Dari Terminal Bayu Angga Probolinggo dilanjutkan dengan menaiki mini elf menuju Cemoro Lawang dengan tariff kurang lebih Rp15.000. dari Cemoro Lawang untuk ke bromo kita harus menyewa mobil jeep atau hardtop.

Jika melalui Malang, dari Surabaya kita dapat naik bus Jurusan Surabaya-Malang dengan tariff Rp25.000 patas dan Rp15.000 untuk ekonomi dan turun di Terminal Arjosari. Dari Terminal Arjosari kita naik angkot dengan jurusan Tumpang/pasar Tumpang. Dari Pasar Tumpang kita harus menyewa Jeep.

Jika sudah sampai di Kawasan Bromo, kita dapat mengunjungi beberapa Spot menarik yaitu Penanjakan, Kawah Bromo, Pasir Berbisik dan Savanna. Penanjakan merupakan tempat para pengunjung Bromo untuk menikmati dinginnya udara Bromo sambil menunggu Matahari Terbit.
View Sunrise dan View Kawah Bromo dari Penanjakan
Perjalanan menuju Lautan Pasir dari Penanjakan
Deretan Jeep di Lautan Pasir Gunung Bromo
Kawah Gunung Bromo
Lautan Pasir Dari Kawah Gunung Bromo
Di Puncak Gunung Bromo
Pasir Berbisik
Savana Gunung Bromo
 sampai Jumpa Lagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar