Kamis, 08 September 2016

Pulau Tabuhan, Pulau Kecil Nan Indah di Selat Bali

Pulau Tabuhan terletak kurang lebih 20 KM dari pusat Kota Banyuwangi. Pulau Tabuhan terletak di Selat Bali, Tidak jauh dari tempat Wisata Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat. Secara adminitrasi, Pulau Tabuhan masuk wilayah Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Pulau Tabuhan terkenal karena keindahan bawah lautnya dan pantai berpasir putih dan halusnya.

Untuk menuju Pulau Tabuhan terdapat beberapa alternative tempat penyebrangan yaitu Pantai Kampe, Bangsring dan Watudodol. Ditiap lokasi penyebrangan memiliki plus minusnya masing-masing sehingga kita sendiri lah yang memilih ingin dari mana menyebrangnya. Saya waktu itu memilih melalui Pantai Bangsring karena ingin sekalian juga ke Rumah Apung Bangsring untuk melihat penangkaran hiu.

Untuk menuju Pantai Bangsring, jika dari Kota Banyuwangi, kita mengambil jalan ke arah Pelabuhan Ketapang kemudian mengarah ke Situbondo atau ke Utara. Setelah melewati Pantai Watudodol atau Patung Gandrung dan melewati Pom bensin di sebelah kiri jalan kita akan menemui masjid dan dikanan jalan aka nada petunjuk rumah apung bangsring. 

Jika menggunakan angkutan Kereta Api, dari stasiun Banyuwangi baru kita dapat naik ojek ataupun menyewa angkot untuk menuju Panta Bangsring. Ataupun dapat naik angkot ke Terminal Sri Tanjung dan kemudian dilanjutkan dengan naik bus yang arah Situbondo dan turun di Pantai Bangsring. 

Jika kita dari Surabaya kita dapat naik Bus Jurusan Banyuwangi via Situbondo ataupun Bus Jurusan Bali  dari terminal Bungurasih dan kemudian turun di Pantai Bangsring. 

Sesampainya di Pantai Bangsring kita dapat menyewa kapal dengan biaya sewa Rp400.000 hingga Rp500.000 dengan kapasitas 10 orang. Di Pantai Bangsring kita juga dapat menyewa Alat Snorkling dengan kisaran harga Rp30.000. 

Perjalanan menuju Pulau Tabuhan dari Pantai Bangsring memerlukan Waktu kurang lebih 30 menit. Disarankan berangkat agak pagi agar tidak terlalu tersengat  Panasnya matahari.

Sesampainya di Pulau Tabuhan, kita dapat mengelilingi Pulau. Pulau Tabuhan yang tidak terlalu besar sehingga jika kita mengelilinginya tidak akan memakan Waktu yang lama. Di Pulau Tabuhan sendiri sayang belum terdapat fasilitas yang memadai. Untuk berganti baju hanya terdapat bilik-bilik sederhana. Warung makan pun hanya ada beberapa saja oleh karena itu sebaiknya kita membawa bekal makan atau membelinya ketika berada di Bangsring. Fasilitas tempat sampah pun masih kurang sehingga pengunjung diharapkan membawa kembali sampah yang dibawa dan tetap menjaga kebersihan.

Di Pulau Tabuhan ini kita dapat menikmati matahari terbit dan matahari terbenam. Akan tetapi kita harus bermalam di Pulau ini dengan membawa tenda. 
Pasir Putih Bersih
Spot Mainstream
Kapal siap berlayar kapten
Jernihnya air di Pulau Tabuhan
Nonton TV Dulu boss
:D
Merenung
Lelah abang dek, gulung-gulung di air dulu yak
Gollllll
Gunung Baluran dari Kejauhan
enak buat mandi
Muka Gosong
setelah lelah seharian bermain di Pulau Tabuhan saya pun kembali ke Pantai Bangsring untuk mengunjungi rumah apung bangsring dan kita dapat berenang dengan hiu-hiu di penangkaran.

2 komentar:

  1. Haloo, bagus sekali infonya... Kebetulan saya ada rencana kesana november, tapi cuma berdua. Kira kira disana bisa share cost sama pengunjung lain tidak untuk sewa perahu? Dan kalau mau camping apa boleh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa sharecost disana, cari rombongan orang lain juga aja yg msh kurang orang, untuk ngecamp juga boleh ;)

      Hapus