Sabtu, 18 Januari 2014

Pesona Bawah Laut Pulau Menjangan, Taman Nasional Bali Barat

“Bermalam di Mutiara Timur Malam, melintasi gelapnya sisi kiri  rel tempat si Ular Besi melaju dengan cepatnya, Mengejar Sunrise di atas Selat Bali, Indahnya panorama kala pagi itu, Pesona gunung Baluran dari kejauhan, Angin laut yang cukup membuat tubuh ini terasa dingin, dan akhirnya sampailah di Pulau Dewata”

Jalan-jalan iseng ini sebenarnya jalan jalan di pengunjung akhir tahun lalu yang baru sempet di masukin ke blog yang sederhana ini. Mungkin banyak yang belum tahu Pulau menjangan itu dimana ya memang Pulau ini tak seterkenal tempat wisata lain yang ada di Pulau Bali seperti ubud, tanah lot ataupun kuta. Dan memang saat saya dan beberapa rekan saya dari Backpacker Indonesia mengunjungi Pulau Menjangan ini, hanya rombongan saya yang merupakan wisatawan local dan memang lebih banyak bule bule dari berbagai Negara.

Pulau Menjangan merupakan Pulau kecil yang terletak di sebelah barat Pulau Dewata yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Pulau Menjangan yang kalau diartikan Pulau Rusa yang memang ditempat ini banyak terdapat Rusa. Pulau Menjangan terkenal dengan wall diving yang sangat bagus sekali dan pulau ini memiliki spot spot snorkeling yang memiliki taman bawah laut yang sangat eksotis.

Jumat Malam, 27 Desember 2013 saya pun bersama rekan dari Jakarta menuju banyuwangi. Dengan menaiki Kereta Mutiara Timur Malam dari Stasiun Gubeng dan sampai di Stasiun Banyuwangi baru pukul 04.00. harga tiket kereta ini berkisar 110 ribu hingga 170 ribu tergantung kelas bisnis atau eksekutif. Atau jika ingin yang lebih murah bisa memilih menaiki kereta ekonomi sri tanjung yang berangkat siang hari. Sesampainya di stasiun Banyuwangi baru, kami pun berdua segera menuju pintu keluar stasiun dan berjalan kaki menuju pelabuhan ketapang. Tiket penyebrangan di pelabuhan ketapang ini Rp6.500 (per 28 Desember 2013). Setelah membeli tiket, kami pun segera menaiki kapal dan mencari spot duduk yang pas untuk menikmati Sunrise. Tak berselang lama kapal pun mulai bergerak meninggalkan Pulau Jawa. Sejam kemudian kami pun tiba di pulau dewata. Turun dari kapal kami pun menuju pintu keluar dan setelah pengecekan KTP kami pun menuju tempat teman kami yang lain memarkirkan mobil. Disitulah kami bertemu deman teman yang lain yang memang sudah ada di bali sejak kemarin.

Setelah beristirahat sejenak dan sarapan pagi, kami pun segera menuju Pelabuhan penyebrangan Banyuwedang. Dari Gilimanuk, untuk menuju Banyuwedang melewati rute perjalanan Gilimanuk menuju Buleleng atau melewati sisi utara pulau bali yang mengarah ke taman nasional Bali Barat. Atau jika menggunakan kendaraan umum bisa menaiki bis jurusan Gilimanuk ke Buleleng. Untuk menuju Pulau Menjangan juga bisa dari labuhan Lalang di SIngaraja akan tetapi lebih jauh jika dari Gilimanuk. Oleh karena itu kami lebih memilih melalui Labuhan Banyuwedang. Perjalanan Gilimanuk-Banyuwedang sekitar 45 Menit.

Setibanya di Banyuwedang, kami pun segera menghubungi Guide kami. Ditempat ini memang mewajibkan menggunakan Guide. Setelah perizinan selesai dan kami sudah menyiapkan peralatan snorkeling seperti kacamata, kaki katak dll, kami pun segera menuju perahu untuk menyebrang ke pulau menjangan. Untuk sewa Perahu dikenakan Biaya Rp590.000 sudah termasuk Jasa Perahu, Guide, Tiket masuk dan asuransi. Untuk sewa peralatan snorkeling dikenakan biaya Rp20.000 perjenis alat.

Saat di tepi dermaga, pemandangan yang sangat menakjubkan pun terlihat, birunya laut dan hijaunya pegunungan dan bukit-bukit disekitar membuat Pulau menjangan ini memang sangat indah. Perjalanan naik perahu untuk menuju Pulau menjangan dari Banyuwedang sekitar 40 menitan. Dengan ombak yang relative kecil dan pemandangan yang indah sangat menikmati perjalanan ini. Disisi kiri ada sebuah daratan yang sudah ada resort yang banyak bule-bule sedang berjemur diatas dermaga.

45 menit perjalanan tibalah kami di Pulau menjangan dan kami sudah berada di spot pertama untuk snorkeling. Setelah memakai semua alat kami pun segera byurrrrrrrrrrrr nyebur ke dinginya air laut. air laut yang sangat jernih membuat karang-karang yang indah pun sangat jelas terlihat. Terumbu karang yang sangat indah ini pun ditambah dengan warna warni ikan membuat semakin amazing pulau ini. Pulau menjangan terdiri dari terumbu karang yang ditandai dengan jurang atau drop off yang sangat dalam. Batuan batuan yang membentuk gua-gua kecil membuat tempat ini menjadi habitat ikan ikan, karang-karang lunak. Arus laut yang tenang menjadikan tempat ini pun menjadi habitan ikan ikan indah seperti Angelfish, Jackfish, nemo dll.

Setelah puas snorkeling, dan untuk berisirahat sejenak, kami pun berisirahat di pasir pantai pulau menjangan ini. Pasir pantai yang halus dan putih bersih. Setelah melepas lelah, kami pun menuju spot kedua yaitu di balik pulau. Untuk menuju spot kedua kami tidak menaiki perahu akan tetapi berjalan di jalan setapak ke balik pulau. Kami memilih untuk berjalan karena memang untuk melihat keindahan pura ditengah Pulau ini. Di Pulau menjangan terdapat pura yang pada saat kami mengunjungi tempat ini sedang ada acara adat sehingga kami tidak dapat memasuki Pura tersebut. Kami hanya bisa mengabadikan tempat itu dari kejauhan.
Setelah melewati pura tersebut, kami berjalan turun menuju tepi laut dan sampailah kami di spot snorkeling kedua. Tempat disini lebih dangkal dan lebih cerah sehingga lebih sangat jelas terlihat keindahan bawah lautnya. Hijau  karang-karang muda dan warna warni ikan menambah eksotisme bawah laut pulau ini.
karena waktu semakin sore dan untuk sewa perahu ini hanya dijatahkan waktu 4 jam, kami pun segera menuju kembali ke Banyuwedang. Di perjalanan pulang pun kami disuguhkan dengan rombongan lumba-lumba yang saying sekali tidak sempat kami abadikan menggunakan kamera. Jam 2 siang pun kami sudah di banyuwedang dan segera bersih bersih dan untuk persiapan kembali ke tempat masing-masing.

Pagi hari menikmati sunrise di selat bali, sore hari menikmati sunset di selat bali, perjalananan pendek akan tetapi menakjubkan.