Jumat, 10 Maret 2017

Pantai Bira, Bulukumba

The More I Traveled, The More I Realized That Fear Makes Strangers Of People Who Should Be Friends – Shirley Maclaine
Indonesia, Negeri yang memiliki banyak pulau-pulau indah yang menyebar dari Sabang hingga Merauke. Salah satu pulau yang memiliki sejuta keindahan alam baik laut, gunung maupun lainnya yaitu Pulau Sulawesi. Di Pulau Sulawesi kita dapat menemukan indahnya pegunungan, lebatnya hutan-hutan maupun taman nasionalnya dan pantai-pantai keeksotisannya yang tidak kalah dengan pulau-pulau lainnya di Indonesia.

Membahas Pulau Sulawesi, maka kita tidak ada salahnya menengok ke salah satu kabupaten yang berada di Sulawesi Selatan yaitu Kabupaten Bulukumba. Seperti pada tulisan saya sebelumnya mengenai tebing cantik Appalarang dan Pantai bersejarah yaitu Pantai Mandalaria, kali ini saya akan melanjutkan tulisan perjalanan saya awal bulan Februari yang lalu yaitu Pantai Bira.

Pantai Bira memang sejak dahulu telah menjadi destinasi di Sulawesi Selatan  yang paling diminati para traveler baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Pantai Bira ini sangat indah memiliki reputasi yang sangat baik dikalangan para traveler. Keindahan Pantai Bira ini sudah tidak diragukan lagi, Pantai yang terlihat sangat bersih, pasir pantai yang putih nan halus, serta kawasan yang sudah tertata rapi dan sangat baik. 

Pantai Bira terletak di ujung Selatan Pulau Sulawesi, tepatnya di Kecamatan Bonto Bahari, Bulukumba. Letak pantai ini tidak jauh dari pelabuhan bira yang merupakan akses penyebrangan untuk menuju Pulau Selayar hingga Takabaonerate. Untuk menuju Pantai Bira, jika dari Kota Makassar kita harus menempuh waktu kurang lebih 5 jam. Melintasi Jalan Poros Makassar-Bulukumba melewati Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan kemudian Bulukumba. Setelah melewati pusat kota Bulukumba kita hanya tinggal mengikuti petunjuk arah menuju bira. Akses menuju pantai ini memang sangat mudah dan kondisi jalan juga yang sudah cukup bagus. Untuk kendaraan umum, kita dapat menggunakan bus menuju selayar dan turun di Pelabuhan Bira atau menggunakan angkutan sejenis Panther dengan biaya kurang lebih Rp75.000 hingga Rp100.000
Untuk memasuki kawasan Pantai, kita dipungut retribusi Rp10.000 per orang. Untuk penginapan?jangan khawatir di Pantai Tanjung Bira sudah banyak sekali pilihan penginapan baik yang murah hingga jutaan per malam. Untuk wisata kuliner juga tak perlu khawatir kita akan kelaparan karena di sepanjang jalan banyak sekali resto-resto maupun warung-warung yang menjual aneka macam makanan.

Di Pantai bira ini kita dapat melakukan banyak aktivitas seperti berenang, bermain pasir, dan juga dapat memacu andrenalin kita dengan bermain banana boat ataupun donuts boat yang akan melengkapi sensasi liburan kita. Selain itu juga, Di Pantai Bira ini juga kita dapat menikmati keindahan Sunrise maupun Sunset.
Keindahan Pantai Bira
Tak hanya menampilkan garis pantai yang memesona, kita juga dapat melakukan aktivitas Diving maupun snorkling dengan menyewa perahu untuk menuju Pulau Kambing dan Pulau Liukang. Untuk sewa perahu, ketika itu kami  dikenakan biaya Rp.1000.000 dengan tujuan pulau kambing dan Pulau Liukang dengan kapasitas perahu hingga 10 orang. Harga tersebut sudah termasuk alat snorkling lengkap.
Menuju Pulau Kambing dan Pulau Liukang
Di Pulau Kambing kita dapat menikmati keindahan bawah laut yang indahnya sungguh luar biasa. Karang-karang berwarna-warni dan ikan-ikan yang cukup banyak. Di Pulau Liukang, kita dapat bermain di pasir dengan air yang sangat jernih. Di Pulau ini juga terdapat penangkaran penyu di tengah laut. Untuk mausk ke penangkaran penyu dipungut biaya Rp10.000/orang.
Keindahan Pulau Liukang
Ayo Ke Sulawesi Selatan
Ayo Ke Bulukumba

#VisitSulsel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar