Rabu, 15 Februari 2017

Apparalang, Tebing Cantik di Bulukumba, Sulawesi Selatan

“Terkadang Langit Yang Indah Sekalipun Tak Dapat Melukiskan Kebahagiaan Yang Sedang Kamu Rasakan. Syukuri Setiap Bagian Dalam Hidupmu” -  GMWR
Tebing Apparalang
Menikmati perjalanan sepanjang 190 KM dari Kota Makassar hingga Tebing Apparalang. Jalanan beraspal melintasi Kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar yang terkenal akan pertanian jagungnya kemudian memasuki Kabupaten Jeneponto yang terkenal akan Coto Kudanya, Kabupaten Bantaeng dan Kabupaten Bulukumba. Memasuki jalan poros Bulukumba-Bira menempuh jalan sepanjang 40 KM dengan sebelah kiri memandang hijaunya persawahan dan kanan lautan yang luas.

Kabupaten Bulukumba memang terkenal memiliki pantai-pantai yang indah, salah satunya Pantai Apparalang atau sering disebut juga tebing Apparalang. Apparalang terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Bulukumba. Apparalang saat ini menjadi pesaing Pantai Bira yang sudah terkenal lebih dahulu.

Apparalang tidak memiliki pesisir ataupun hamparan pasir seperti pantai pada umumnya. Apparalang sendiri memiliki tebing-tebing batu karang yang cantik yang mengelilinginya. Air laut jernih dengan gradasi warna hijau tosca membuat kita dapat melihat bagian dasarnya. Ikan-ikan pun sesekali terlihat berenang kesana kemari. Dari atas tebing kita dapat menikmati angin laut yang menyegarkan tubuh yang dapat menghilangkan rasa lelah setelah menempuh perjalanan jauh. Sungguh akan membuat semua pengunjung akan terpesona akan keindahan Apparalang.

Pengelola di Apparalang ini juga menyediakan tangga bagi para pengunjung yang ingin menuruni tebing. Di bawah tebing sudah dibangun anjungan untuk para berselfie atau sekedar duduk-duduk bercengkrama dengan teman. Di Anjungan ini juga terdapat papan yang digunakan para pengunjung untuk berlompat indah ke laut.  Pengelola juga memiliki fasilitas snorkling jika kondisi ombak sedang tenang.
Denah Apparalang
Lahan Parkir yang cukup luas
Jalan Menuju Tebing Apparalang
Jangan Khawatir kelaparan, karena di lokasi ini sudah banyak warung-warung penjual makanan dan minuman
Tebing Apparalang
Tangga untuk turun menuju Anjungan
Foto-foto di anjungan 

Untuk menuju Apparalang sangatlah mudah karena sudah banyak petunjuk jalan yang terpasang. Jika kita dari Makassar, pertama kita harus menuju Kabupaten Bulukumba dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam. Setelah memasuki Kabupaten Bulukumba, kita tinggal mengikuti jalan poros Bulukumba-Bira. Jalan Poros ini cukup panjang dan pemandangan yang terlihat sangat bagus. Setelag menempuh waktu kurang lebih 45 menit, kita akan menemukan papan petunjuk menuju Apparalang disebelah kiri jalan. Kita belok kiri dan tinggal mengikuti papan petunjuk jalan saja. Jalan akan semakin sempit dan beberapa masih ada yang rusak karena Apparalang ini masih dalam proses pengembangan oleh pengelola. Memasuki kawasan Apparalang hutan dan pohon-pohon besar menyambut kami. Setidaknya menambah kesejukan didalam perjalanan. Untuk memasuki kawasan Appralang, dipungut Retribusi sebesar Rp5000 per orang dan Mobil Rp20.000, cukup murah bukan.

Apparalang ini bisa disebut juga Uluwatunya Bulukumba karena tebing-tebingnya hampir mirip. Jadi kapan kamu mau kesini?

3 komentar: