Sabtu, 26 Oktober 2013

Perjalanan Dua Hari di Blitar Part III

Kelanjutan coretan sebelumnya, perjalanan kami di Kota Blitar masih terus berlanjut, setelah dari makam Bung Karno dan Gunung Kelud, kami pun melanjutkan perjalanan


setelah ini kami kemana?

Iya ke Candi Penataran karena lokasi candi ini searah dengan jalur kami kembali ke kota Blitar. Kami tiba di candi penataran ketika matahari sudah condong ke barat, ketika sang senja sudah menampakan kemerahan, akan tetapi suasana ramai masih terlihat di komplek candi dari kejauhan. Setelah kami memarkirkan sepeda motor kami pun segera memasuki komplek candi. 


Lokasi Candi Penataran terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Blitar atau sebelah barat daya (kalo gak salah sih :P ) Gunung Kelud. 


Untuk masuk ke kawasan candi tidak dipungut biaya. Kami hanya mengisi buku tamu saja. Pungutan biaya hanya dikenakan ketika memasuki jalan kawasan penataran sebesar Rp5.000 untuk sepeda motor. 


Candi Penataran merupakan Candi berlatar belakang Hindu yang sudah ada sejak zaman kerajaan Kediri dan digunakan sampai era kerajaan majapahit (kata Wikipedia)





Pintu Gerbang Kawasan Penataran, bayar 5 Ribu di sini
             
2 Arca di Depan Ketika Memasuki Komplek Candi













Setelah kami mengeksplore kawasan komplek candi, karena matahari mulai tenggelam kami pun segera melanjutkan perjalanan kami yaitu ke warung makan :D

Setelah mengisi perut dengan 1 ekor ayam dan 1 ekor bebek dan kemudian dilanjutkan dengan salat magrib, kami pun bergerak ke kota Kediri.


Perjalanan dari Blitar-Kediri ditempuh selama 1 jam perjalanan. Dengan mengendarai sepeda motor kami pun mulai menggas sang motor menuju kota sebelah. Jalan yang ramai lancar membuat kami tak bisa membawa kendaraan dengan kecepatan penuh :D. udah lama gak touring antar kota gini nih terakhir kali touring antar kota bulan puasa tahun lalu yaitu rute Jakarta-Yogya…


Tujuan kami ke kota Kediri adalah ke kawasan simpang lima gumul yang konon katanya mirip dengan Monumen Arch d' Triumphe yang terdapat di Paris,Perancis buatan Napolion. 


Dalam Perjalanan menuju simpang lima gumul ini sempat nyasar dan malah nyasar ke alun-alun kota Kediri, alun alun yang sangat ramai di kala sabtu malam.


Setelah sedikit muter muter dan mengandalkan GPS (Gunakan Penduduk Sekitar) aliasa Tanya-tanya kami pun sampai di simpang lima gumul. 


Monumen Simpang Lima Gumul terletak di persimpangan dari lima arah selatan ke Wates, Timur ke Gurah, Barat ke Kota Kediri, Timur Laut ke Pare, Utara ke Pagu. Untuk memasuki monument Simpang Lima Gumul (SLG) melewati terowongan bawah tanah yang menghubungkan parkiran dengan monument. 


Bangunan monument ini cukup luas dan tinggi kalo ane perkirain sih kurang lebih 26an Meter (maaf kalo salah, gak ngukur sih) dan kawasan yang sangat ramai di kala malam apalagi kami datang ketika sabtu malam.


Setelah foto foto dan beristirahat sejenak dan malam semakin larut kami pun kembali ke kota blitar. Kembali kebut kebutan lagi dengan saingan bus bus malam :D




Sejam perjalanan sampai di kota blitar dan beristirahat di mess KPP Pratama Blitar. Untuk melanjutkan perjalanan esok hari


Sekian perjalanan di hari pertama di kota blitar ini…….




Tidak ada komentar:

Posting Komentar