Selasa, 16 Agustus 2016

Coban Sumber Pitu, Air Terjun Cantik di Pujon, Malang

Akhir pekan ini mau liburan kemana?ingin berpetualang tetapi tidak punya banyak waktu?jangan khawatir karena di Malang ada tempat keren  nih. Coban Sumber Pitu namanya atau Air Terjun Sumber Pitu.

Eits jangan sampai salah tujuan ya, karena di Malang sendiri ada 2 Air Terjun dengan nama sama yaitu sumber pitu. Ada Coban Sumber Pitu di Dusun Krajan Kecamatan Tumpang, dekat Bromo dan satu lagi yang akan di bahas disini yaitu Coban Sumber Pitu, Pujon, Kabupaten Malang. Jarak antar Coban Sumber Pitu satu dengan yang lainnya cukup jauh loh bisa memakan waktu 2 jam perjalanan, makanya jangan sampai salah yaa :D

Untuk menuju Coban Sumber Pitu, dari Kota Malang kita hanya tinggal mengarah ke Batu dan dilanjut menuju arah pujon atau arah Jombang-Kediri atau sama dengan arah ke Coban Rondo, air tejun yang cukup terkenal di Jawa Timur. Setelah melewati tugu atau patung sapi yang jika ke kiri mengarah ke Pintu Masuk Coban Rondo, kita belok kanan sedikit dan kemudian belok kiri atau dikenal dengan pertigaan Ringin Punden. Setelah itu kita megikuti jalan saja nanti kita akan bertemu dengan petunjuk arah ke Sumber Pitu kemudian belok kiri yang akan memasuki perkebunan Warga hingga ke pintu Registrasi. Jika menggunakan kendaraan umum, dari terminal Arjosari kita naik angkot ke terminal Ladungsari dan kemudian naik bus jurusan Jomang-Kediri atau jika dari terminal batu dapat naik angkot jurusan Ngantang/Kasembon dan turun di pertigaan Ringin Punden dan dilanjutkan dengan naik Ojek.

Setelah memasuki kawasan Pujon selatan suasana desa sangat terasa dan nanti kita akan tiba di Pos Regitrasi, disini pengunjung dipungut biaya Rp10.000/orang. Di Pos Registrasi ini juga terdapat lapangan yang merupakan camping Ground serta sudah difasilitasi dengan toilet dan terdapat juga lahan parker. Dari pos registrasi ini kita lanjut berjalan (masih naik kendaraan) kurang lebih 2 KM atau memakan waktu 15-20 menit memasuki perkebunan warga dan hutan milik perhutani. Jalan disini masih kurang bagus sehingga terkadang jika sehabis hujan jalan menjadi becek dan cukup licin.

Setelah melewati hutan, kita akan tiba di parkiran atas. Di parkiran atas ini kita dipungut biaya Rp5000/Motor. Di lokasi ini juga sudah tersedia fasilitas mulai dari warung makan, toilet dan arena bermain flyng fox. Dan dari tempat ini jugalah petualangan akan di mulai.

Setelah mengecek persiapan, kita mulai berjalan kaki melintasi perkebunan sayur Warga dengan kondisi jalan yang cukup menanjak dan berdebu jika musim panas diharapakn membawa masker. Jalur yang akan dilewati, jalur hasil cangkulan sehingga membentuk anak tangga yang sedikit memudahkan kita mendaki sedikit demi sedikit. Setelah melwati perkebunan sayur warga, kita akan memasuki hutan semak-semak kiri dan kanan, terkadang ada jurang di sisi jalan dan dijalur ini sudah disediakan tempat persinggahan yang disediakan tempat duduk dari kayu yang sedikit akan membantu kita untuk mengistirahatkan diri dan meletakan beban dipundak. Di tempat persinggahan ini cocok untuk sekedar ngemil dan foto-foto.
Jalur tangga hasil cangkulan Warga
Jalur Menanjak lumayan bikin keringetan
Foto-Soto sambil istirahat di pos peristirahatan

Pemandangan dari Pos Peristirahatan
Kurang lebih satu jam berjalan, suasana lembab akan semakin sangat terasa yang menandakan lokasi yang kita tuju semakin dekat, suara air bergemuruh semakin terdengar, jalan yang awalnya mendaki kemudian berubah menjadi jalan menurun.hoaaaaa akhirnya kita sampai jugaa……….eitssss belummmm, yang didepan itu merupakan coban tunggal, salah satu coban yang ada di kawasan Coban Sumber Pitu.
Coban Tunggal dari kejauhan
Jernih banget kan Airnya
Jalur semakin menanjak
Setelah kita sampai di Coban Tunggal, kita belok kiri dan kita akan melihat Coban Sumber Pitu dari kejauahan dan kita harus semakin bersabar karena jalan menuju ke Sumber Pitu semakin menanjak dan cukup terjal. Jalan bebatuan dengan bantuan tali tambang dikiri dan kanan, dan hati-hati jalan cukup licin. Di jalan mendaki ini kita akan menemui bekas pohon tua yang seirng dijadikan spot objek foto para pengunjung di Sumber Pitu. Setelah berjalan 15 menit dari Coban Tunggal kita akan tiba di Coban Sumber Pitu.
Coban Sumber Pitu dari Kejauhan
Spot Wajib

sisi lain coban pitu
Setelah puas menikmati suara air menderu deru di sini, kita dapat melipir sedikit mengikuti jalan ke atas dan mengikuti jalan kurang lebih 10 menit kita akan menjumpai Coban Papat.
Coban Papat
Mari ngopi
Perjalanan seru bukan main bukan, sekali jalan menjumpai beberapa Coban atau air terjun indah, jadi yakin kamu gak mau berkunjung ke sini?