Senin, 15 Agustus 2016

Pantai Tiga Warna Malang, Tempat Asik di Selatan Malang

Berakhir pekan ke Pantai merupakan salah satu kegiatan yang asik dilakukan. Mau tau salah satu tempat asik di selatan Malang? Nih disini Jawabannya. Jawabannya adalah Pantai Tiga Warna. 

Pantai Tiga Warna merupakan salah satu dari banyaknya deretan pantai di Selatan Malang, tepatnya Berlokasi di Desa Sendang Biru Kecamatan Sitiarjo. Mengapa disebut Pantai 3 Warna karena pantai ini memiliki tiga warna yang disebabkan oleh perbedaan kedalaman dan terumbu karang yang berada di pantai tersebut. Pantai Tiga Warna merupakan wilayah konservasi dan rehabilitasi mangrove, Terumbu Karang dan juga Hutan Lindung. Pantai Tiga Warna juga merupakan salah satu spot snorkeling terbaik yang ada di Jawa Timur.
Rute menuju Pantai Tiga Warna jika dari Kota Malang yaitu menuju selatan ke arah Pantai Sendang Biru, di dekat Pantai Sendang Biru nanti kita akan melihat petunjuk arah menuju arah Pantai Goa Cina atau Pantai Clungup. Nanti kita mengambil jalan arah Pantai CLungup karena Pintu Masuk menuju Pantai Tiga Warna melalui Pantai Clungup dan memarkirkan kendaraan di dekat perumaha Warna sekitar tersebut.
Catatan jika ingin mengunjungi Pantai Tiga Warna, Kita harus Reservasi terlebih dahulu karena Pantai Tiga Warna merupakan wilayah konservasi sehingga jumlah pengunjung sangat dibatasi. Untuk reservasi  kita dapat menghubungi nomor :

0821-3267-7713 (SMS dan di hari kerja)
0812-3333-9889 (telepon di Hari Kerja)

  
Setelah kita memarkirkan kendaraan kita, kita berjalan mengikuti jalan setapak ke Pos 1 yang merupakan loket registrasi. Di Pos 1 kita akan didata jumlah peserta, jumlah barang bawaan dan membayar uang tiket. Untuk memasuki Kawasan Pantai, kita di pungut tiket Rp5000/orang dan Biaya Guide Rp100.000/ Kelompok dengan jumlah maksimal perkelompok 10 Orang. Oleh karena itu jika ingin meminimalisir biaya, pastikan jumlah peserta 10 orang atau kelipatannya :D
Setelah registrasi kita akan berjalan kurang lebih 30 Menit menuju Pantai Gatra yang merupakan “tempat singgah” sebelum menuju Pantai Tiga Warna. Ketika berjalan menuju Pantai Gatra kita akan melewati Kawasan Mangrove, Pantai Clungup dan terakhir Pantai Gatra. Di Pantai Gatra kita bisa santai-santai ditepi pantai sambil menikmati semilir angin yang menyejukan dan menunggu guide yang akan memandu kita menuju pantai Tiga Warna.

 Melewati Mangrove, ketika pasang, biasanya sih tidak ada airnya :D
sok-sokan lewat air padahal bisa mlipir 
kayak di film anaconda kan yang tiba2 ada anaconda dari belakang muncul :D
tapi tenang kalo disini aman :D

Dari pantai Gatra ke Pantai 3 Warna kita berjalan kaki dan dapat meimilih 2 Rute yaitu Rute Panjang atau Pendek. Jika memilih Rute Pendek waktu yang ditempuh hanya sekitar 30 Menit dan langsung menuju pantai tiga warna. Jika Rute Panjang waktu tempuh kurang lebih 1 jam dan kita akan melewati beberapa pantai seperti Pantai Savana, Pantai Mini dan Pantai Batu Pecah.
 Santai Santai di Pantai Gatra
Setelah sampai di Pantai Tiga Warna, kita dapat menyewa alat snorkeling dengan biaya Rp20.000/set. Di Pantai Tiga Warna ini memang kita dapat snorkeling akan tetapi diwajibkan menggunakan pelampung dan tidak boleh freedive karena dikhawatirkan akan mengenai terumbu karang yang dan dan dapat membuat mati terumbu karangnya.
 diujung sana Pulau Sempu
Terumbu Karang di Pantai Tiga Warna
Warning:Jangan dipegang apalagi diinjak

Catatan setelah mengunjungi Pantai Tiga Warna dan akan kembali pulang, sampah tidak ada yang tertinggal karena di pos registrasi akan dilakukan pengecekan sampah dan jika bawang bawaan tidak sama dengan sampah yang dibawa, maka kita akan diminta kembali unuk mengambilnya atau membayar denda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar